Kamis, 17 Januari 2013

R. I. P RSBI Indonesia

   Sudah dengar kabar tentang akan dihapusnya RSBI kan? Jika belum mendengar, disini saya akan sampaikan informasi lebih lengkapnya tentang rencana RSBI Dihapus untuk tahun 2013 – 2014, sebenarnya bukan lagi rencana karena memang telah ditetapkan hanya saja baru akan diberlakukan pada tahun ajaran 2013 – 2014 mendatang.
    RSBI sendiri ialah program rintisan sekolah bertaraf internasional yang dinilai, ada kesenjangan dalam lingkungan pendidikan (sekolah) karena RSBI hanya dapat dinikmati oleh siswa high class sedangkan untuk ekonomi menengah ke bawah tidak akan bisa merasakan pendidikan RSBI dikarenakan biaya yang lebih mahal.
   Namun dengan dihapusnya RSBI ini bukan berarti bahwa pendidikan Indonesia terjadi penurunan dalam hal kualitas tapi lebih kepada penghapusan kesenjangan di jenjang sekolah sehingga tidak ada yang namanya siswa elite yang sekolah RSBI dengan siswa yang hanya sekolah di sekolah lokal saja.
   Tentang penghapusan RSBI sendiri telah dilakukan berdasarkan kesepakatan antara Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhammad Nuh, pada hari minggu yang lalu atau tanggal 13 Januari 2013 untuk menghentikan program rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) mulai tahun ajaran 2013-2014 namun sekolah yang mempunyai program RSBI masih bisa meneruskan programnya sampai empat bulan mendatang. Well, R. I. P RSBI Indonesia

1 komentar:

  1. Saya rasa penghapusan RSBI mempunyai dampak yang positif untuk Pendidikan di Indonesia. Dengan penghapusan RSBI dapat menyetarakan Status Sekolah-Sekolah di Indonesia, tanpa perbedaan

    BalasHapus